7 Kebiasa’an Manusia yang Sangat
TIDAK Efektif
Kebiasa’an
tidak efektif;
Anda mungkin sudah pernah membaca buku karangan Stephen R. Covey yang berjudul;
Anda mungkin sudah pernah membaca buku karangan Stephen R. Covey yang berjudul;
7
Kebiasa’an Manusia yang Sangat Efektif, yang juga merupakan salah satu buku
best seller international.
Jika
anda belum pernah membacanya, saya sangat merekomendasikan buku tersebut kepada
anda.
Buku
wajib yang perlu anda miliki jika anda ingin mengembangkan kepribadian anda.
Anda
bisa mendapatkannya di toko-toko buku favorit anda.
Pada
kesempatan kali ini saya akan mensharingkan kepada anda kebiasa’an-kebiasa’an Manusia
dari sudut pandang yang berlawanan, yaitu;
7
Kebiasa’an Manusia yang Sangat TIDAK Efektif.
7
kebiasa’an ini harus anda hindari,mungkin anda sendiri tidak menyadarinya
karena sudah menjadi kebiasa’an anda sehari-hari.
Apa
saja 7 kebiasa’an tersebut, mari kita lihat bersama-sama :
1.
Tidak ’menampakkan diri;
Salah satu hal paling sederhana namun memiliki efek yang sangat besar untuk anda dalam meraih ke suksesan – entah itu dalam ke hidupan sosial, karir, ke uangan ataupun ke sehatan – adalah tampakkan diri anda lebih sering.
Salah satu hal paling sederhana namun memiliki efek yang sangat besar untuk anda dalam meraih ke suksesan – entah itu dalam ke hidupan sosial, karir, ke uangan ataupun ke sehatan – adalah tampakkan diri anda lebih sering.
Apa
maksud ’menampakkan diri’ di sini?
Saya
akan memberikan sebuah ilustrasi :
Jika
anda ingin memperbaiki ke sehatan anda, maka salah satu hal terpenting dan
terefektif adalah anda menampakkan diri di tempat kebugaran sesuai dengan
jadwal latihan anda.
Mungkin sa’at itu cuaca sedang tidak mendukung sehingga anda merasa enggan sekali keluar dari rumah.
Mungkin sa’at itu cuaca sedang tidak mendukung sehingga anda merasa enggan sekali keluar dari rumah.
Namun
jika anda tetap memaksakan diri untuk pergi meskipun anda malas, maka anda
sudah memperbaiki mental anda jauh lebih cepat di banding anda hanya duduk di
sofa sambil menonton tv.
Saya
rasa ini berlaku di semua area dalam hidup anda.
Jika
anda menulis lebih sering, maka suatu sa’at anda akan menjadi penulis top di mana
hasil tulisan anda akan selalu di tunggu orang untuk di baca.
Jika
anda sering bertemu atau berkumpul dengan teman-teman, maka kemungkinan anda
bertemu dengan seseorang yang spesial bertambah besar.
Hanya
dengan anda ’menampakkan diri’ lebih sering akan membuat sebuah perbedaan yang
sangat besar untuk ke suksesan anda,jika tidak anda tidak akan pergi ke mana-mana.
2.
Menunda pekerja’an;
Ada 2 kondisi yang menyebabkan seseorang menunda pekerja’annya :
Ada 2 kondisi yang menyebabkan seseorang menunda pekerja’annya :
–
Pertama, dia memiliki pekerja’an yang sangat menumpuk.
Dia
bingung apa yang harus dia kerjakan terlebih dahulu. Akhirnya dia tidak
mengerjakan apa-apa.
–
Ke dua, dia hanya memiliki sedikit pekerja’an, sehingga dia berpikir untuk
menundanya terlebih dahulu.
Terlepas
dari apapun kondisi anda, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda
lakukan agar anda dapat keluar dari ke biasa’an menunda ini :
–
Lakukanlah tugas terberat dan terpenting terlebih dahulu di pagi hari.
Awal
yang baik di pagi hari akan membuat momentum yang positif sehingga anda akan
menjalani sisa hari anda dengan lebih bersemangat.
–
Anda mungkin sering mendengar sebuah joke :
Bagaimana
caranya makan se’ekor gajah? …..
Jangan
memakannya dalam sekali gigit!
Jika
anda hanya berpikir tugas yang menumpuk sedang menanti anda, kepala anda dapat
menjadi penat, akhirnya akan membawa anda pada penunda’an.
Pecahlah
tugas anda menjadi langkah-langkah kecil, dan fokuslah pada langkah pertama.
Setelah
selesai, anda bisa melanjutkan ke langkah kecil berikutnya.
(saya pernah mengulas juga di artikel
Bagaimana Tetap Termotivasi Untuk Menyelesaikan Apa yang Telah Anda Mulai)
–
Jika anda berpikir untuk menunda pekerja’an karena anda hanya memiliki sedikit
pekerja’an, sebaiknya anda mulai berpikir bagaimana jika tiba-tiba anda
mendapatkan tugas baru sementara tugas yang lama belum anda kerjakan.
Gunakan
selalu prinsip :
“Lakukan
sekarang juga hal-hal yang bisa anda lakukan sekarang’.
3.
Anda melakukan sesuatu yang sebetulnya tidak penting;
Kebiasa’an lainnya yang tidak produktif, selain menunda adalah anda menyibukkan diri dengan hal-hal yang tidak penting.
Kebiasa’an lainnya yang tidak produktif, selain menunda adalah anda menyibukkan diri dengan hal-hal yang tidak penting.
Untuk
menghindari hal ini, tuliskan 3 hal penting yang harus anda lakukan setiap
hari, entah itu di atas kertas atau di notebook anda, dan mulailah
mengerjakannya dari urutan teratas.
Meskipun
anda hanya sanggup menyelesaikan 1 pekerja’an saja, namun setidaknya anda telah
melakukan hal terpenting yang perlu anda lakukan di hari tersebut.
Apapun
cara yang anda gunakan dalam mengatur pekerja’an anda, prioritas utama tetaplah
menemukan hal-hal terpenting yang perlu anda lakukan setiap harinya.
Teknik
ini juga merupakan bagian dari manajemen waktu yang efektif, sehingga anda
tidak menghabiskan hari-hari anda dengan melakukan hal-hal yang tidak penting.
Menyelesaikan
suatu pekerja’an dengan cepat tetap tidak akan berarti jika anda melakukan hal
yang tidak penting.
Saya
akan coba memberikan contoh sederhana.
Misalkan
anda adalah seorang manajer sebuah departemen produksi.
Suatu
ketika anak buah anda melakukan kesalahan sehingga produk yang di hasilkan
mengalami cacat.
Mana
yang akan anda pilih :
1.
Anda bersama anak buah anda memperbaiki produk yang cacat tersebut; atau
2.
Anda mencari solusi agar ke jadian tersebut tidak terulang kembali.
Saya
rasa anda sudah menangkap maksud saya mengenai hal yang penting dan tidak
penting.
4.
Berpikir terlalu lama;
Orang yang berpikir terlalu lama, otomatis akan membuatnya kurang mengambil tindakan.
Orang yang berpikir terlalu lama, otomatis akan membuatnya kurang mengambil tindakan.
Terjebak
dalam analisa yang berlebihan dapat membuang waktu-waktu berharga dalam hidup
anda.
Tidak
ada yang salah dengan berpikir sebelum melakukan tindakan, bahkan sangat di perlukan
hal semacam itu.
Melakukan
penelitian, membuat rencana, menggali potensi-potensi keuntungan serta masalah
yang mungkin terjadi.
Namun
berpikir, berpikir dan terus berpikir adalah cara lain mensia-siakan hidup
anda.
Anda
tidak perlu menganalisa semua hal dari setiap sudut.
Anda
tidak bisa menunggu waktu yang betul-betul tepat untuk menjalankan aksi anda.
Percayalah
waktu tersebut tidak akan datang.
Anda
juga tidak perlu merisaukan bagaimana jika ke gagalan menghampiri anda.
Jika
anda tetap berpikir dan terus berpikir semakin dalam, maka anda akan semakin
sulit untuk mengambil tindakan.
Berhentilah
berpikir, lakukan sekarang juga apapun yang perlu anda lakukan, pergilah ke manapun
anda perlu pergi.
5.
Melihat sisi negatif dari setiap hal;
Ketika anda melihat segala hal dari sudut yang negatif, maka sebetulnya anda telah menjatuhkan motivasi anda sendiri.
Ketika anda melihat segala hal dari sudut yang negatif, maka sebetulnya anda telah menjatuhkan motivasi anda sendiri.
Anda
menemukan ke kurangan di mana-mana dan masalah-masalah yang mungkin tidak
betul-betul ada, contohnya ketika anda mencari alasan untuk tidak melakukan
sesuatu.
Saya
yakin dari sudut yang negatif anda setidaknya akan menemukan 10 alasan.
Contoh
yang lain, anda mencari seseorang yang mau mendengarkan keluh kesah anda –
padahal sebetulnya tidak ada yang mau mendengarkan keluhan anda – tentang
pekerja’an dan kehidupan anda yang menjenuhkan atau atasan anda yang
menyebalkan.
Ketahuilah
bahwa anda akan menciptakan hidup anda sesuai dengan apa yang anda pikirkan dan
bagaimana anda memandang lingkungan anda.
Jika
anda memandang kehidupan anda begitu menjemukan, anda akan memiliki kehidupan
yang benar-benar menjemukkan.
Yang
perlu anda lakukan tidak lain adalah anda menantang pada diri anda sendiri
untuk selalu berpikir positif selama 7 hari ke depan.
Lihatlah
nanti hasil luar biasa yang akan anda dapat.
6.
Keras kepala pada pendirian anda sendiri dan menolak pendapat orang lain;
Memang sulit untuk mengakui atau berjiwa besar bahwa pendapat anda bukanlah pilihan yang terbaik.
Memang sulit untuk mengakui atau berjiwa besar bahwa pendapat anda bukanlah pilihan yang terbaik.
Sehingga
anda ngotot pada pendapat anda dan menutup pikiran anda dari pengaruh orang
lain.
Kondisi
ini dapat menyebabkan anda sulit untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih
efektif.
Saran
untuk mengatasi permasalah ini adalah anda menyadari bahwa manusia mempunyai
batas atas hal-hal yang ia ketahui.
Anda
harus terbuka untuk menerima pelajaran atas kesalahan anda sendiri, kesalahan
orang lain atau sumber-sumber lainnya seperti buku.
Ketika
otak anda selalu di kosongkan untuk menerima hal-hal baru, secara tidak sadar
level anda telah naik ke level yang lebih tinggi, begitu seterusnya.
Namun
perlu di ingat, jangan pula anda terjebak seperti di jelaskan di no.4.
Pengetahuan
baru yang anda terima, perlu anda terapkan dan coba dalam ke hidupan anda,
jangan hanya menjadi pengetahuan semata saja.
7.
Membiarkan informasi membanjiri otak anda;
Kebalikan dari poin 6 diatas, di poin 7 ini anda justru membiarkan seluruh informasi mengalir ke otak anda tanpa penyaringan.
Kebalikan dari poin 6 diatas, di poin 7 ini anda justru membiarkan seluruh informasi mengalir ke otak anda tanpa penyaringan.
Jika
anda melakukan ini, maka akan sulit bagi anda untuk berpikir dengan jernih.
Beberapa
kondisi yang menyebabkan anda seperti ini adalah :
–
Banyak informasi yang anda terima adalah negatif.
Media-media
dan lingkungan di sekeliling anda sering memberikan informasi-informasi
negatif, seperti :
Penipuan,
perampokan, pembunuhan, gosip dsb.
Jika
anda tidak selektif dalam memilih berita, anda dapat terpengaruh secara negatif
juga, entah itu secara pikiran, perasa’an maupun tindakan.
–
Ada suatu dorongan dalam diri anda untuk selalu mengetahui informasi terkini,
namun seberapa cepat anda mengikuti perkembangan dengan berbagai alat yang anda
miliki, akan selalu ada puluhan bahkan ratusan hal baru yang terjadi yang tidak
bisa anda ikuti.
Hali
ini justru dapat membuat anda menjadi stress.
Sulit
untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan jika otak anda terus di banjiri
dengan informasi-informasi.
Bahkan
anda dapat terjebak melakukan ke biasa’an seperti di sebutkan di poin 3.
Anda
sibuk dan sibuk terus melakukan pekerja’an namun sebetulnya pekerja’an yang
tidak penting.
Untuk
dapat fokus, berpikir jernih dan mengambil tindakan, perlu sekali untuk anda
menseleksi bahkan jika perlu membatasi akses informasi yang masuk ke otak anda,
misalkan ketika anda sedang menyelesaikan suatu pekerja’an, anda melakukan
hal-hal seperti :
Mematikan
telepon anda, internet dan pintu ruangan anda.
Anda
akan melihat hasil yang menakjubkan ketika anda tidak di interupsi setiap 10
menit oleh email atau website-website favorit anda.
Semoga
Bermanfa’at….
Walloohu A’lam.
_______/|\______
¨¨¨¨¨¨¨˜°♥°˜¨¨¨¨¨¨
SALAAM
SILIWANGI